Rabu, 10 Oktober 2018

GAMBARAN UMUM MANAJEMEN



MANAJEMEN



A. DEFINISI MANAJEMEN 
  


Menurut Encyclopedia of the Social Science :
Manajemen adalah suatu proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu  diselenggarakan dan  diawasi.


Menurut Manullang :
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

 
 
Dari dua definisi sebelumnya dapat disimpulkan bahwa :

Manajemen adalah proses atau kegiatan yang mengorganisir, mengendalikan suatu proses kerja untuk mencapai tujuan biasanya dilakukan oleh seorang manajer dalam 

 
B. Dimana Manajer Ditemukan
Manajer dapat ditemukan di mana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada di berbagai tingkat dan di dalam berbagai bidang fungsional di dalam perusahaan.

D. Tingkatan Manajemen
Tingkatan manajer di dalam organisasi adalah :
1.Tingkat perencanaan strategis 
2.Tingkat pengendalian manajemen 
3.Tingkat pengendalian operasional


E. Manajemen dan Tingkat Informasi

Karakteristik informasi yang diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen : 
1.Sumber Informasi : eksternal atau internal.

2.Lingkup Informasi : global atau parsial.

3.Kurun Waktu Informasi : jangka panjang atau jangka pendek.

4.Kelengkapan Informasi : hal-hal pokok atau lengkap.

5.Kerincian Informasi : ringkas atau detail.

 SUMBER : Slide Pertemuan 3 & 4





 





0 komentar:

Posting Komentar